Jumat, 26 April 2019

Upaya Pengembangan Ekonomi Produktif Melalui Pelatihan Bergilir Pembuatan Sabun Cuci Piring

Upaya pengembangan ekonomi produktif kembali digulirkan di Desa Pucangro. Setelah sebelumnya diadakan pelatihan pembuatan deterjen yang menyasar seluruh ibu-ibu di Desa Pucangro, di akhir bulan April 2019 ini diadakan pelatihan pembuatan Sabun Cuci Piring atau yang dikenal dengan nama Sunlight.


Secara bergiliran ibu-ibu dan remaja putri di Desa Pucangro akan diberi pelatihan tersebut oleh Ketua Penggerak PKK Desa Pucangro, yakni Ibu Khoirotun Ni'mah. Pelatihan dilaksanakan pada malam hari dan dilakukan di masing masing RT dengan didampingi Kepala Desa Pucangro dan Pengurus BUMDES

Kesempatan pertama pelatihan pembuatan Sabun Cuci Piring di laksanakan di RT 1 dan RT 2 wilayah RW 1 pada hari Rabu tanggal 23 April pukul 20.00 WIB. RT 03 dan RT 04 di RW 01 pelatihan dilaksanakan hari Kamis tanggal 24 April pukul 20.00. Untuk wilayah RT lain akan dilakukan secara bertahap dan bergiliran. Dalam kurun waktu 7 hari kedepan di harapkan semua wilayah sudah melaksanakan pelatihan tersebut. Setiap malam akan ada 2 sesi pelatihan yakni mulai jam 18.30 dan jam 20.00 WIB.



Pelatihan pembuatan Sabun Cuci Piring berisi tentang pemahaman mengenai cara pembuatan sabun cuci piring cair serta fungsi dari bahan-bahan yang diperlukan seperti texafon, NaCl, SLS, dan lain sebagainya. Setelah penjelasan bahan-bahan dan konsep dasar pembuatan, para peserta pelatihan yang terdiri dari ibu-ibu dan remaja putri langsung praktek pembuatan sabun cuci piring. Hasil prakteknya dapat dibawa pulang dan dimanfaatkan di rumah masing-masing.


Di harapkan pasca pelatihan ini banyak yang terampil membuat sabun cuci piring dan bisa menjadikan sebagai usaha ekonomi produktif.