Rabu, 23 Agustus 2017

SEMARAK LOMBA BERSAMA IBU-IBU PKK

"DENGAN SEMANGAT HUT RI KE-72 Kita Ciptakan Suasana Cinta & Kasih Sayang Dalam Kehidupan Berkeluarga, Bermasyarakat, Berbangsa & Bernegara". Itulah tema yang diusung pada kegiatan lomba yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Pucangro pada hari senin 21 Agustus - 23 Agustus 2017. Kegiatan berlangsung di Balai Desa Pucangro.


Semangat Tim Penggerak PKK dapat diacungi jempol, dimana pada kegiatan karnafal kemarin Tim Penggerak PKK ikut berpartisipasi dengan bergabung dalam barisan panjang dan berbaur dengan masyarakat dan sekarang semangat itu dibuktikan lagi dengan serangkaian kegiatan lomba yang telah berlangsung. Lomba-lomba tersebut ditujukan kepada ibu-ibu PKK berusia 35 tahun keatas dan wajib diikuti oleh semua RT di Desa Pucangro. dalam peraturannya apabila ada salah satu RT yang tidak mendaftarkan anggotanya pada 1 lomba maka akan dikenakan denda sebesar Rp 200.000,00 disetiap lombanya.



⇒ Dihari senin tanggal 21 Agustus telah berlangsung Lomba Merias tanpa kaca dilanjut dengan Fashion Show dari setiap peserta sesuai nomor urut undian masing-masing. Dimuali pada pukul 09:00 dan berakhir pukul 12:00 antusiasme dari para peserta, juri dan juga penonton tiada hentinya mengalir. Acara dimulai setelah sambutan pembuka dari Bapak Kepala Desa Zuli Kasmawanto S.Ip., M.Ip


dilanjut dengan beberapa sambutan dari panitia kemudian disambung dengan menyanyikan mars PKK dan lagu 17 Agustus oleh ibu Sarkilah dan Ibu Umi Rohmawati dan pembacaan peraturan lomba.






Kegiatan tersebut berlangsung sangat meriah. dengan waktu kurang lebih 45 menit yang diberikan oleh panitia, peserta harus sudah selesai merias wajahnya dan berhijab sesuai tema.





































Setelah waktu habis, peserta diwajibkan berlenggak lenggok ala model profesioanal diatas karpet.
Sebelum itu, Tim Penggerak PKK terlebih dahulu berjalan dan berpose diatas kerpet dengan diiringi musik dan pengenalan diri sekaligus tugas masing-masing kemudian baru dilanjut giliran dari peserta yang berlenggak-lenggok sambari menunjukkan hasil dari bermake-up tanpa kaca.
Kriteria penilaian juri pada lomba tersebut ialah, ketepatan dalam pemasangan make-up, kostum yang senada, dan cara berjalan diatas karpet.













⇒ Dihari ke-2 yaitu tanggal 22 Agustus juga dilaksanakan Lomba Karaoke yang juga diikuti oleh peserta ibu-ibuk berusia diatas 35 tahun. Acara dimulai pada pukul 09:00 dan berakhir pada pukul 13:00.


Tak kalah meriah dengan lomba sebelumnya, Lomba ini justru lebih meriah dan banyak menarik perhatian dari masyarakat. Dimana ibu-ibu yang dirasa mampu mewakili setiap RT masing-masing menampilkan suara terbaiknya pada lomba tersebut. Sebanyak 14 RT di Desa Pucangro dan sebanyak 14 Peserta juga yang turut hadir meramaikan kegiatan Lomba saat itu. Sistem pada lomba ini sama dengan lomba sebelumnya yaitu sistem undian, dimana nomor urut 1 mendapat giliran tampil lebih dahulu dan disusul nomor urut berikutnya. Tak hanya suara yang merdu, tapi busana dan riasan yang dikenakan oleh peserta juga menjadi nilai tersendiri oleh para juri. Sebelum acara ditutup sebagian dari tim penggerak PKK menyumbangkan suara merdunya dalam kegiatan tersebut.






























⇒ Dihari ke-3 atau bisa dikatakan hari terakhir penyelenggaraan lomba bersama ibu-ibu PKK, kegiatan lomba dihari itu ialah lomba joget duduk yang tak kalah meriah juga dari lomba-lomba sebelumnya. Lomba ini tak hanya diikuti oleh perwakilan setiap RT saja, akan tetapi lomba tersebut juga dibuka untuk masyarakat umum, tentunya lebih meriah ya dari kegiatan sebelumnya, lebih banyak peserta lebih hore.....☺


Dengan diiringi lagu dangdut yang tentunya mampu memuat para peserta iningin bergoyang dan tak lupa misi utamanya yaitu mendapatkan tempat duduk/kursi. Ya... lomba ini juga menggunakan sistem undian dimana 1 ronde permainan berisikan 4 peserta dengan 3 kursi, siapa yang tidak mendapat kursi, ia dinyatakan gugur dalam perlombaan. begitu seterusnya hingga menyisahkan 1 pemenang. Kriteria penilaian juri ialah, kehebohan goyangan dan juga kelincahan peserta untuk berebut tempat duduk yang telah disediakan.











Serangkaian acara diatas diselenggarakan dan dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72 dan menciptakan suasana cinta & kasih sayang dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. seperti tema yang digunakan pada tahun ini.

Terkait dengan pengumuman dan pemberian hadiah kepada peserta yang mengikuti lomba-lomba diatas akan diumumkan pada malam resepsi atau bisa dikatakan malam puncak dari serangkaian kegiatan dibulan agustus, yaitu malam Bazar dan pentas seni yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus bertempat di Lapangan Desa Pucangro.