Sabtu, 02 Maret 2019

Studi Banding Pemerintah Desa Pucangro ke Kabupaten Malang

Sebagai salah satu upaya meningkatkan kinerja aparatur Pemerintahan Desa dalam hal administrasi desa, pelayanan masyarakat, peningkatan ekonomi desa serta pembangunan pedesaan, Pemerintah Desa Pucangro telah mengadakan acara pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa Di Kabupaten Malang.


Acara yang diadakan pada tanggal 30-31 Maret ini diikuti oleh segenap perangkat desa Pucangro, Ketua RT dan Ketua RW Desa Pucangro, BPD, LPM, Bumdes dan Ibu-ibu PKK. Adapun lokasi yang dituju adalah di Bumdes Desa Sanankerto Kecamatan Turen Kabupaten Malang di hari pertama dan Desa Wisata Pujon Kidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang di hari kedua.

Pelatihan yang sepenuhnya difasilitasi oleh Dana Desa ini dikemas dengan gaya santai namun serius serta berkonsep studi banding. Diharapkan pasca kegiatan ini para aparatur pemerintah desa pada khususnya dan anggota rombongan pada umumnya bisa meningkatkan pengetahuannya dan dapat mengaplikasikan di tingkat Desanya untuk kepentingan masyarakat Desa Pucangro di masa kini dan masa mendatang.


Kepala Desa Pucangro beserta rombongan diterima langsung oleh pengurus BUMDES Desa Sanankerto Kecamatan Turen Kabupaten Malang sekitar pukul 11.00 WIB. Acara di awali dengan sambutan-sambutan dan ramah tamah antara rombongan Desa Pucangro yang diwakili oleh Kepala Desa Zuli Kasmawanto dengan pengurus BUMDES Desa Sanankerto.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi atau tanya jawab, sebagian besar para peserta studi banding ini ingin mengetahui bagaimana pengelolaan Dana Desa yang telah dilaksanakan di Desa Sanankerto serta bagaimana pengelolaannya untuk kesejahteraan masyarakat. Pengurus BUMDES Desa Sanankerto kemudian membagikan pengalamannya dalam melaksanakan semua kegiatan Bumdes di desa dengan detail sehingga para peserta memahami dengan baik apa yang disampaikan.

Setelah acara sambutan-sambutan dan diskusi selesai, rombongan dari Desa Pucangro kemudian diajak berkeliling di areal pengelolaan BUMDES. Disini pengetahuan dan pemahaman anggota rombongan kembali bertambah. Apa yang disampaikan dalam diskusi dan kondisi riel di lapangan benar-benar singkron. Lokasi yang pada dasarnya biasa saja ternyata bisa disulap luar biasa serta menjadi jujugan wisata. Hal seperti ini yang patut ditiru dan di terapkan di desa.

Puas berkeliling dan melihat lebih dekat di Desa Sanankerto Kecamatan Turen, rombongan studi banding bersiap menuju lokasi selanjutnya yakni di Desa Wisata Pujon Kabupaten Malanh. Namun karena hari sudah mulai malam, rombongan beristirahat dan menginap di salah satu kawasan villa Batu. Studi banding selanjutnya akan dilakukan keesokan harinya yakni tanggal 31 Maret.


Rasa decak kagum dari rombongan study banding terlihat saat mulai memasuki desa Pujon Kidul Kabupaten Malang, di pagi harinya. Hamparan pertanian yang subur dan ditumbuhi berbagai macam tanaman holtikultura tampak membuai mata. Bukan itu saja, setiap jengkal pekarangan warga dipenuhi dengan tanaman sayuran dan lainnya. Adanya berbagai bangunan pendukung di Desa Pujon membuat betah berlama-lama di sana.

Desa Pujon Kidul Kec.Pujon Kab.Malang Prov.Jawa Timur merupakan salah satu desa yang berhasil mengembangkan desanya menjadi desa wisata. Dibawah kepemimpinan Udi Hartoko (Kepala Desa Pujon Kidul) yang saat ini sudah menjabat sebagai kepala desa berhasil menyulap desa ini dari desa tertinggal menjadi desa mandiri. Hal inilah yang ingin diterapkan dan di laksanakan di Desa Pucangro beberapa tahun mendatang.